Bupati Bolmut Buka Musrenbang Kecamatan Kaidipang

Bupati Bolmut Buka Musrenbang Kecamatan Kaidipang

321
0

Boroko, northsulawesipost.com – Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang) Kecamatan Kaidipang Tahun 2017 dalam rangka penyusunan rancangan awal RKPD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun Anggaran 2018 yang bertempat di Halaman Kantor Camat.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Bolmut menyampaikan bahwa seluruh usulan yang disepakati pada Musrenbang Kecamatan harus dihimpun untuk selanjutnya dikaji sesuai skala prioritas dan kondisi pendanaan daerah.

Diingatkan dalam penggunaan Dana Dasa harus berorientasi pada program kegiatan bidang pemberdayaan masyarakat dan dialokasikan untuk mendanai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat Desa dan mengurangi angka kemiskinan. Ditegaskan Dana Desa diberikan untuk memberdayakan masyarakat Desa.

Dengan begitu Program kegiatan yang dapat didanai dengan Dana Desa tidak perlu lagi diusulkan dan didanai oleh APBD Kabupaten yang dapat menyebabkan overlapping kewenangan. Untuk itu, Pemerintah Desa dihimbau untuk dapat membangun koordinasi yang baik dengan SKPD dan terus berinovasi dalam menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat.

Secara khusus di Kecamatan Kaidipang, Bupati Bolmut menyampaikan bahwa pembangunan Kantor Camat akan dilaksanakan pada Tahun 2018. Karena itu, dalam perencanaannya disarankan agar mempersiapkan gambar dan lokasi baru untuk pembangunan gedung.

Bupati Bolmut juga menjelaskan permasalahan yang menjadi isu strategi pembangunan daerah Tahun 2018, diantaranya peningkatan derajat pendidikan dan kesehatan, pemantapan infrastruktur dasar, pemanggulangan kemiskinan, peningkatan ketahanan pangan, pelestarian lingkungan hidup dan mitigasi bencana, peningkatan iklim investsi dan pariwisata serta stabilitas keamanan.

Lebih khusus Bupati Bolmut menyoroti kondisi sumber daya di bidang Pendidikan dan kesehatan, kekurangan tenaga teknis harus dilakukan peningkatan dengan memberikan beasiswa kepada putra-putri daerah. Fasilitas yang sudah ada harus didukung dengan tenaga yang ahli.

Dihimbau kepada seluruh jajaran Aparatur agar fokus bekerja secara Disiplin, Profesional dan loyal untuk pencapaian target indikator sasaran RPJMD Bolmut dan terus memelihara persatuan dan kesatuan di daerah serta tidak terpengaruh dengan isu-isu politik yang berkembang saat ini.

Sebelumnya, dilaksanakan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil Musrenbang Kecamatan Kaidipang Tahun 2017 oleh seluruh unsur Pemerintah dan masyarakat serta Persmian pembangunan jembatan serta jalan perkebunan dan plat duicker Desa Pontak yang bersumber dari APBDes / Dana Desa Tahun Anggaran 2016 oleh Bupati Bolmut.

Turut hadir Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Anggota DPRD, Ketua KPU Bolmut Faisal Husin, S.Pd, Kepala Bapelitbang Drs. Leksi Talibo, para pimpinan SKPD, Camat Kaidipang Samidin Korompot, S.STP, M.Si, pejabat TNI/POLRI, para Sangadi, Ketua BPD, Ketua LPM, Tokoh Perempuan dan Tokoh Masyarakat.(Redaksi)

TINGGALKAN KOMENTAR