Bupati Royke Roring Hadiri Musrenbangnas yang Dibuka Presiden Jokowi di Hotel shangri-La...

Bupati Royke Roring Hadiri Musrenbangnas yang Dibuka Presiden Jokowi di Hotel shangri-La Jakarta

16
0

Jakarta, northsulawesipost.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring M.Si, Menghadiri Pembukaan Musrenbangnas 2019 dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat (RKP) Tahun 2020. Kamis (9/5)2019. Yang berlangsung di Ball Room Hotel Shangri-La Jakarta.

Kegiatan Tersebut dibuka Langsung Presiden RI Ir Joko Widodo, sekaligus memberikan arahan dalam Pelaksanaan Kegiatan Musrenbangnas Tahun 2019.

Dalam Musrenbangnas 2019 yang diselenggarakan oleh Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunana Nasional (BPPN), Dengan mengusung tema “Peningkatan Sumberdaya Manusia Untuk Pertumbuhan Berkualitas”.

Kegiatan dihadiri Presiden RI Ir Joko Widodo, Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla, Menteri BPN Kepala Bappenas, Menko Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Menko Bidang Perekonomian, Menko Bidang PMK, Menko Bidang Kemaritiman, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Reset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Kesehatan, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri PAN dan RB, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri BUMN, Menteri PU dan PR, Menteri Perhubungan, seluruh Gubernur Se Propinsi, Kepala Bappeda Provinsi beserta Bupati dan Walikota.

Adapun Laporan Pelaksanaan Musrenbangnas 2019, Penyusunan Visi Indonesia 2045 dan Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024, yang disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, sekaligus menyerahkan Dokumen Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024 dan RKP 2020 kepada Presiden RI Ir Joko Widodo.

Bupati Minahasa dalam tanggapannya mengatakan, dalam RKP 2019, Bappenas telah mengusulkan lima prioritas nasional, 24 Program Prioritas (PP), dan 102 Kegiatan Prioritas (KP). Yang sudah di rangkum dalam Lima prioritas nasional, pertama pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar. Kedua, pengurangan kesenjangan antarwilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman.
Ketiga, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri, dan jasa produktif. Keempat, pemantapan ketahanan energi, pangan, dan sumber daya air. Kelima, stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilihan umum.

“Penetapan lima prioritas nasional tersebut merupakan bagian dari strategi pemerintah untuk menjawab isu-isu strategis tahun 2019,” ujar bupati.

Tujuan Pelaksanaan Persidangan Musrenbangnas 2019 yaitu menyepakati usulan kegiatan antara bappenas, dan pemerintah Provinsi Per Prioritas Nasional (PN), Program Prioritas (PP), Kegiatan Prioritas (KP), Proyek Prioritas (Pro-P), output/sub-output K/L yang mendukung Pro-P serta usulan daerah terkait Prioritas daerah yang mendukung Proyek Pembangunan sebagai bahan penyusunan RKP 2020.

Dalam kegiatan Musrenbangnas 2019 rencana nanti akan di Tutup Oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

(Wil Wongkar)

TINGGALKAN KOMENTAR