Danrem 131/Stg Brigjen TNI Prince Meyer Putong Buka Latihan Geladi Posko di...

Danrem 131/Stg Brigjen TNI Prince Meyer Putong Buka Latihan Geladi Posko di Kodim 1302/Minahasa

21
0

MINAHASA, Komandan Korem 131/Stg Brigadir Jendral TNI Prince Meyer Putong SH, sekaligus sebagai Komandan Latihan Geladi Posko-1 membuka secara resmi kegiatan tersebut, yang digelar di Makodim 1302/Minahasa TA. 2020, Jalan Manguni, Kelurahan Sasaran, Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, pada Selasa 07/07/2020 pukul 07.40 wita.

Kegiatan Geladi Posko ini diberi “Tema” Kodim 1302/Minahasa melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah” yang diikuti oleh para Personil Perwira dari berbagai satuan yang ada dijajaran Korem 131/Stg, termasuk BPBD, dan Basarnas Manado, serta seluruh Staf Kodim 1302/Minahasa.

Pada kesempatan ini Komandan Korem 131/Stg memberikan sambutan, “Mengawali kegiatan hari ini, marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan kasih dan karuniaNya, sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan Pembukaan Latihan Posko-I Kodim 1302/Minahasa Tahun Anggaran 2020 dalam suasana tertib dan khidmat, Ujarnya dalam mengawali sambutan tersebut.

Lanjut Danrem, Pelaksanaan Latihan Posko – I ini ber-tujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim 1302/Minahasa dalam penyelenggaraan operasi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam Erupsi Gunung Lokon yang meliputi aspek komando dan pengendalian serta prosedur bantuan administrasi, Perlu kita ketahui bersama bahwa wilayah Kodim 1302/Minahasa merupakan salah satu wilayah di Sulawesi Utara yang rawan terhadap bencana alam seperti Erupsi Gunung Lokon dikarenakan Sulawesi Utara terletak di bibir Samudera Pasifik, Ungkapnya.

Lebih lanjut Danrem 131/Stg mengaskan, Dihadapkan dengan tugas pokok TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam, pengungsian, dan bantuan kemanusiaan (Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI Pasal 7 Ayat 2b poin ke-9 dan ke-12), Kodim 1302/Minahasa dituntut memiliki kesiapan yang tinggi dan kemampuan yang andal untuk menghadapi dan menanggulangi berbagai ancaman bencana alam, Dengan demikian, melalui pelak-sanaan Latihan Posko I ini, Kodim 1302/ Minahasa diharapkan mampu meningkatkan kemampuan menjalankan prosedur hubungan Komandan dan Staf di setiap aspek manajemen operasi yang meliputi perencanaan, penyiapan dan pelaksanaan Komando Pengendalian Operasi dalam rangka mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kodim 1302/Minahasa. Katanya.

Dikatakannya pula, Untuk itu, Latihan Posko I ini ber-fungsi sebagai sarana untuk menguji prosedur hubungan Komandan dan Staf serta validitas protap dan rencana operasi penanggulangan bencana alam yang selama ini berlangsung di Kodim 1302/Minahasa agar dapat ditingkatkan kualitasnya, sehingga lebih mudah di-terapkan dalam situasi yang sebenar-benarnya, Latihan yang akan berlangsung dari tanggal 7 s/d 8 Juli 2020, ini dirancang dengan menggunakan latihan taktis tanpa pasukan dan satu pihak dikendalikan yang diikuti oleh Komandan dan Staf Kodim 1302/Minahasa beserta unsur-unsur perkuatan pemerintah daerah, dengan mengusung tema “Kodim 1302/Minahasa melaksanakan tugas bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah, Imbuhnya.

Diakhir amantnya, Prajurit berpangkat Bintang Satu tersebut menegsakan, Mengingat pentingnya materi pelak-sanaan latihan ini, saya mengharapkan kepada para peserta latihan agar melaksanakan seluruh kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga tujuan pelaksanaan latihan ini benar-benar dapat terwujud sesuai harapan. Namun tetap perlu diperhatikan dengan kondisi saat ini, selama dalam pelaksaan latihan harus tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, seperti jaga jarak, cuci tangan dan selalu menggunakan masker,

Diakhir latihan nanti, seluruh peserta diharapkan mampu melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf yang efektif dan efisien serta mampu

bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam menghadapi dan menanggulangi bencana alam yang mungkin terjadi di masa mendatang, Kepada penyelenggara Latihan Posko- I Kodim 1302/Minahasa, ciptakan situasi yang semirip mungkin dengan kondisi Geo, Demo, Konsos wilayah Kodim 1302/Minahasa agar tujuan latihan dapat tercapai guna mendukung tugas satuan pada masa yang akan datang.

Libatkan satuan/instansi terkait yang berada di wilayah ini sesuai dengan kebutuhan, dan koordinasikan secara baik agar latihan ini dapat terselenggara dengan sebaik-baiknya. Usahakan agar semua rencana kegiatan dapat berjalan tepat waktu dan mencapai sasaran yang diharapkan sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan profesionalisme keprajuritan. Dan jangan lupa, perhati-kan faktor keamanan selama kegiatan berlangsung, baik keamanan personel maupun materiil.

Hadirin dan peserta latihan yang saya cintai dan saya banggakan. akhirnya, dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, pada hari ini, Selasa, tanggal 7 Juli 2020, pukul 08. 18 Wita, Latihan Posko I Kodim 1302/Minahasa Tahun anggaran 2020 secara resmi saya nyatakan “dibuka”. “Selamat Berlatih” Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan petunjuk dan bimbinganNya kepada kita semua di dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada negara dan bangsa, Sekian dan terima kasih. Tutupnya.

Turut Hadir dalam kegiatan pembukaan Geladi Posko tersebut antara lain, Danrem 131/Stg Brigadir Jendral TNI Prince Meyer Putong, S.H, Aster Dan XIII/Mdk Kolonel Inf Idris Soemantri, Kasi Ops Rem 131/Stg Kolenel Inf Akatoto, Kasilog Rem 131/Stg Kolonel Arm Widodo Noercahyo, Kasi Intel Rem Letkol Inf Jepry Antonios Bojoh, Dandim1302/Min Letkol Inf Selamet Raharjo S.sos Msi, Kasdim 1302/Min Mayor Inf Feky Welang, Kapenrem Mayor Inf Saul Malangkas.

TINGGALKAN KOMENTAR