Hebat… Magang ke Jepang Bersama Gambatte Indonesia

Hebat… Magang ke Jepang Bersama Gambatte Indonesia

1266
0
Asril Tatende, Medy Lensun, Kadisnaker Provinsi Sulawesi Utara, dan Direktur IM Japan Indonesia Mr Komiya Ketika Sedang Berbincang Bersama

Sulut, northsulawesipost.com – Upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka menciptakan Sumber Daya Manusia yang handal dan siap pakai di segala bidang pada jaman yang serba canggih sekarang ini patut diacungi jempol. Salah satunya, program magang ke Jepang yang terus digenjot oleh Pemprov Sulawesi Utara yang bekerja sama dengan Gambatte Indonesia.

Para Peserta Magang ke Jepang

Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang Gambatte dan asal-usulnya. Salah satu Ketua Gambatte Indonesia yang berhasil dihubungi northsulawesipost.com pada Jumat (31/3) menjelaskan sedikit tentang seluk sejarah berdirinya Gambatte Indonesia.

“Gambatte adalah salah satu organisasi yang melatih dan mendidik siswa magang ke Jepang. Program ini sudah berlangsung selama 24 tahun di Indonesia, dan tiap bulannya merekrut 200 siswa. Tapi khususnya dari Provinsi Sulawesi Utara, pernah terhenti selama sepuluh tahun lamanya sejak 2002-2012 dikarenakan peserta dari Sulut banyak yang jadi ilegal, atau lari dari program tersebut sehingga pemerintah Jepang memutuskan menutup program tersebut sementara waktu. Pada tahun 2012 Gambatte Indonesia kembali berhasil menjalin kerjasama dengan Jepang. Alhasil, Presiden IM Japan Mr. Yanagisawa datang ke Sulawesi Utara bertemu dengan Gubernur Sarundajang pada 17 November 2012 di rumah dinas Bumi Beringin Manado,” jelas Ketua Gabungan Alumni Magang Jepang Berusaha Amat Tekun Taat dan Enerjik (GAMBATTE) Indonesia Asril Johan Tatende melalui selulernya yang ketika dihubungi sedang berada di DKI Jakarta.

Lanjutnya, “Setelah pertemuan itu, dimulailah proses sosialisasi dan tahapan-tahapan pra tes lainnya, seperti belajar bahasa Jepang, budaya Jepang FMD selama dua tahun. Akhirnya, pada tahun 2014 melalui Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, siswa asal Sulut berhasil diberangkatkan. Pada saat itu pembina Gambatte Indonesia adalah Medy Lensun yang ketika itu masih menjabat sebagai Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur,” tambah Asril yang juga adalah alumni magang di kota Osaka Jepang pada tahun 1996 – 1999.

“Saya selaku salah satu ketua GAMBATTE Indonesia berharap agar GAMBATTE Indonesia bisa menjadi “media” para peserta magang khususnya yang berasal dari Sulawesi Utara untuk menciptakan tenaga-tenaga yang handal dan profesional, serta siap pakai di segala bidang,” pungkas Asril.

(Wil Wongkar)

TINGGALKAN KOMENTAR