Jelang Idul Adha 1437 H, Bupati Bolmut Terima Adat Mopohabaru

Jelang Idul Adha 1437 H, Bupati Bolmut Terima Adat Mopohabaru

345
0

BOROKO, Northsulawesipost.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhidjjah 1437 Hijriah/2016 Masehi, Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi menerima prosesi Adat Mopohabaru oleh Aliansi Adat Bolmut yang bertempat di Rumah Dinas Bupati Bolmut pada Jumat (9/9).

Dalam kegiatan tersebut, Ki Doni Pangulu (sebutan Adat Bupati Bolmut) menerima kabar tentang perayaan Idul Adha 1437 H serta para petugas yang dipercayakan pada pelaksanaan Sholat Ied tingkat Kabupaten Bolmut, dimana yang bertugas sebagai Imam Drs. Asnawi Bulla, Khatib KH. Harsono Misaalah dan Bilal Sahrin Harundja dan Sholat Idul Adha akan dilaksanakan Pukul 07.00 Wita yang dipusatkan di Lapangan Kembar Boroko.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati menyampaikan terima kasih kepada Aliansi Adat Bolmut. Hal ini merupakan wujud kerja sama masyarakat dalam upaya melestarikan adat dan budaya Bolmut yang terdiri dari dua etnis besar yaitu Kaidipang Besar dan Bintauna dan juga etnis lain yang ada dan sudah berkembang serta menjadi bagian dari keragaman masyarakat Bolmut.

Para petugas yang sudah ditetapkan dan diberi tanggung jawab dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha nanti dapat melaksanakan dengan baik. Bupati menambahkan sesuai kesepakatan dengan pihak Kepolisian, pada malam takbir tidak akan digelar pawai takbiran menggunakan kenderaan bermotor, melainkan dilaksanakan di masing-masing mesjid.

Turut hadir Wakil Bupati Bolmut (Ki Doni Apango Pangulu) Suriansyah Korompot, SH, Sekretaris Daerah Dr. Asripan Nani, M.S, unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmut Hi. Sulaiman Amba, S.Ag, Pimpinan Organisasi Keagamaan Bolmut, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD, para Camat, Sangadi Se Kabupaten Bolmut, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Masyarakat.(Red)

TINGGALKAN KOMENTAR