JWS Harap UMKM Dapat Menjadi Andalan Pendapatan Nasional dan Daerah

JWS Harap UMKM Dapat Menjadi Andalan Pendapatan Nasional dan Daerah

161
0

Tondano, northsulawesipost.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi membuka Seminar Penguatan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Minahasa dalam rangka Implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada Rabu 16/11 bertempat di Aula Wulan SMKN 1 Tondano.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi ini, menampilkan Nara Sumber Duta Besar untuk ASEAN yang juga Staf Khusus Menteri Luar Negeri Bidang Isu-isu Strategis Djauhari Oratmangun dan Direktur Kerjasama Fungsional ASEAN JS George Lantu, dan dihadiri oleh Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, para jajaran pejabat Pemkab Minahasa, Kasubdit Investasi dan Kerjasama Sub Kawasan ASEAN Palupi Mustajab, Diplomat Kemenlu Juan Akbar, dan diikuti oleh per utusan SKPD, Akademisi dan Mahasiswa UNIMA serta para pelaku UMKM di Minahasa.

Dalam sambutannya Bupati JWS menyampaikan bahwa untuk mensukseskan Masyarakat Ekonomi Asean perlu adanya pengembangan SDM bagi masyarakat Minahasa.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka perlu adanya kebijakan dan strategi dalam menghadapi MEA kepada UMKM, dengan pengembangan yang diarahkan, menyederhanakan proses perijinan, memperluas Basis sehingga bisa di ekspor, melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan, meningkatkan wawasan, pembangunan infrastruktur khususnya pasar tradisional, dan pinjaman kredit usaha rakyat,” kata Bupati.

Bupati JWS mengharapkan agar lewat peran serta UMKM dapat menjadi andalan, tulang punggung dalam pendapatan Nasional dan Daerah, sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat, sehingga menjadi kontribusi nyata dalam menghadapi MEA nantinya.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan tukar menukar cinderamata antara Bupati JWS dan Dubes Djauhari Oratmangun dan penyampaian materi oleh para Narasumber dengan harapan dapat diterapkan kepada masyarakat yang bergelut dalam UMKM.(Wil Wongkar)

TINGGALKAN KOMENTAR