Karnaval Budaya Semarakan Festival Klabat Minut 2016

Karnaval Budaya Semarakan Festival Klabat Minut 2016

794
0
Dra Femmy Pangkerego MPd ME. Kadisbudpar Minahasa Utara

Airmadidi, northsulawrsipost.com – Festival Klabat 2016 akan segera digelar dalam rangka merayakan HUT ke-13 Kabupaten Minut. Sejumlah iven akan dilaksanakan dalam festival bertema “membuat pesona budaya Minahasa Utara” tersebut.
Menurut Kadisbudpar Minut Dra Femmy Pangkerego MPd ME, festival Klabat akan digelar 7-17 November 2016 dengan melombakan 10 kategori yang akan dipusatkan di desa-desa di wilayah Minawerot. Sedangkan karnaval budaya menjadi acara puncak yang akan diadakan di hari terakhir pelaksanaan festival. “Karnaval ini akan menampilkan budaya-budaya yang diambil dari desa-desa di Minut,” ujar Pangkerego, Selasa (04/10).
Selain karnaval, festival akan melombakan 10 kategori lomba masing-masing: lomba kolintang, maengket, tumatenten, pidato bahasa Tonsea. Selain itu juga dilombakan masamper tatambaken, bintang vokalia, busana daerah dan paduan suara. “Untuk lima lomba terakhir baru pertama kalinya diadakan dalam festival Klabat tahun 2016 ini dan pelaksanaan lomba akan disebar di delapan desa di wilayah Minawerot,” beber Pangkerego sembari menambahkan total hadiah mencapai Rp 250 juta.
Ia menambahkan untuk pembukaan festival akan diadakan di rumah dinas bupati di Bukit Toka dan akan menampilkan atraksi paralayang. “Selain paralayang, dalam opening ceremony juga akan ada kegiatan kegiatan tradisional masyarakat Minut sepeti lomba kupas dan cukur kelapa. Untuk hadiah di dua lomba ini berupa hadiah yang spontanitas diberikan oleh bupati,” tutup Pangkerego.(fecky m)

 

TINGGALKAN KOMENTAR