Pelaku Penipuan dan Penggelapan Sepeda Motor Diamankan Tim Maleo

Pelaku Penipuan dan Penggelapan Sepeda Motor Diamankan Tim Maleo

25
0

MANADO, Timsus Maleo Polda Sulut (Sulawesi Utara) dipimpin Iptu Fadhly mengamankan komplotan penipuan dan penggelapan sepeda motor yang terdiri dari tiga pria, Minggu (02/08/2020) pagi.

Ketiganya, yakni MK (30) dan ML (24), warga Winangun, serta RT (27), warga Tanjung Batu, Kota Manado. Penangkapan berdasarkan Laporan Polisi di Polsek Wanea, dan postingan pihak korban di group Face Book Maleo Team Polda Sulut, beberapa saat usai kejadian.

Kronologinya, tersangka berpura-pura menjual sepeda motor Honda Vario 125 cc warna biru melalui media sosial.

Setelah mendapatkan calon pembeli, tersangka mengajak untuk bertemu dan bertransaksi langsung di wilayah Tanjung Batu Lingkungan IV Wanea, Manado, Jum’at (31/07/2020) malam.

Saat bertemu korban mengecek kondisi sepeda motor dan disepakati harga sebesar Rp. 5.950.000. Korban lalu menyerahkan uang kepada tersangka, sedangkan tersangka memberikan dua buah kunci sepeda motor kepada korban.

Namun hal tersebut merupakan akal bulus para tersangka untuk mengelabui korban. Pasalnya, tersangka sebelumnya sudah membuat kunci duplikat sepeda motor tersebut.

Setelah uang diterima, salah seorang tersangka berpura-pura mengajak korban ke sebuah rumah dengan alasan mengambil BPKB, dan sepeda motor diparkir di tepi jalan.

Sementara itu dua tersangka lainnya sudah siap membawa kabur sepeda motor dengan kunci duplikat. Saat korban berjalan ke rumah tersebut, ternyata adalah rumah kosong. Seketika itu juga tersangka langsung melarikan diri dengan sepeda motor tersebut.

Timsus Maleo merespons laporan dan informasi kejadian dengan melakukan penyelidikan, hingga mengetahui keberadaan para tersangka, yaitu di sebuah rumah di perkebunan Winangun Atas.

Dalam penggerebekan, salah seorang tersangka mencoba melarikan diri ke arah perkebunan di belakang rumah. Namun nyalinya ciut saat petugas memberikan tembakan peringatan ke udara. Tersangka berhenti kemudian menyerah tanpa perlawanan.

Katimsus Maleo Polda Sulut, Kompol Prevly Tampanguma membenarkan hal tersebut. “Ketiga tersangka beserta barang bukti kemudian diserahkan ke Polsek Wanea untuk diperiksa lebih lanjut,” kuncinya.

Reporter: Armando Lalawi

#northsulawesipost.com

TINGGALKAN KOMENTAR