Pemdes Watutumou lll Gelar Prolanis Lansia di Danau Linow

Pemdes Watutumou lll Gelar Prolanis Lansia di Danau Linow

31
0

Minut, northsulawesipost.com – Memanfaatkan Dana desa untuk pemberdayaan kepada semua unsur masyarakat, pemerintahan desa Watutumou lll melaksanakan penyuluhan kesehatan bagi kelompok fungsional Lansia di kantor desa Watutumou lll, jumat 23/8/2019.

Semakin bertambah usia, semakin rentan dengan berbagai penyakit. Untuk itu pola makan, gizi, serta olah raga harus diperhatikan. Hal ini disampaikan pembawa materi dr Ferny Sundah dari puskesmas Kolongan.

“Lansia harus cek kesehatan secara berkala, baik darah tinggi, kolestrol, gula dan tes darah lengkap di laboratorium umum. Jangan lupa juga untuk mengukur lingkaran perut. Karena perut besar rentan dengan penyakit,” ujar Sundah.

Selesai penyuluhan, dilanjutkan Prolanis  di Danau Linow, Kota Tomohon dengan menggunakan 2 mobil bus besar.

Terlihat, betapa antusiasnya para oma-oma dan opa-opa mengikuti perjalanan dan saat mengunjungi danau Linow, kegembiraan dan senang terpancar diraut wajah keriput mereka.

Hukum Tua (Kumtua) Desa Watutumou III, Intan Wenas menunjukkan perasaan kebanggaan bisa membahagiakan para lanjut usia ini.

Wenas mengatakan, kegiatan ini menggunakan dana desa (dandes) dimana Lansia juga bisa merasakan manfaat dandes.

“Kegiatan pemberdayaan masyarakat ,penyuluhan kesehatan khusus kelompok fungsional Lansia desa di BPU Desa dan dilanjutkan dengan kegiatan prolanis lansia di Danau Linow Tomohon,” ujar dia.

Menurutnya, Dandes bukan hanya sekedar memberikan mereka pengobatan gratis tetapi harus memperhatikan kebutuhan mereka lainnya. Sehingga dapat menjadikan lansia yang mandiri, sejahtera, bermartabat dan bahagia.

Setelah kembali dari kegiatan prolanis di danau Linow, para lansia menerima susu gratis untuk tulang dan kesehatan usia lanjut oleh pemerintah desa Watutumou lll. Ini pun dibiayai dengan dana desa.

(Fecky Mamahit)

TINGGALKAN KOMENTAR