Pemilu di Sulut Berjalan Baik dan Demokratis, Palilingan Apresiasi TNI-POLRI dan Stakeholder

Pemilu di Sulut Berjalan Baik dan Demokratis, Palilingan Apresiasi TNI-POLRI dan Stakeholder

53
0
TOAR PALILINGAN

MANADO, northsulawesipost.com – Pelaksanaan Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2019 tingkat Kecamatan (PPK) di Sulawesi Utara berjalan dengan aman dan lancar. Hal tersebut mendapat apresiasi dari warga Sulut, salah satunya Pengamat Hukum yaitu Toar Palilingan.

Saat dikonfirmasi Kamis malam (2/5/2019), ia mengatakan pelaksanaan Penghitungan Suara sampai dengan tingkat Kecamatan dapat berjalan dengan baik.

“Dari awal saat pencoblosan, penghitungan di tingkat TPS memang sudah berlangsung sesuai dengan yang diharapkan. Karena tentu dalam hal ini tidak terlepas dari peran TNI-Polri yang mampu mengawal proses penyelenggaraan hingga jaminan keamanan juga itu memberikan suatu kepastian penyelenggaraan (Pemilu) itu boleh berjalan dengan lancar secara nasional dan khususnya di Sulawesi Utara, sehingga tahapan penghitungan suara yang ditetapkan melalui jadwal boleh terselenggara sesuai dengan tahapan-tahapan maupun tanggal-tanggal yang sudah ditetapkan,” katanya.

Itu semua menurutnya tidak terlepas dari adanya kerjasama semua pihak semua stakeholders termasuk partai politik sebagai peserta maupun calon perseorangan lewat dukungan para saksi, juga penyelenggara yang tidak mengenal lelah baik dari jajaran KPU, Bawaslu serta pihak keamanan.

Ia juga berharap kondisi seperti ini dapat berlanjut hingga pada tahapan pleno di tingkat KPU Kabupaten/Kota dan seterusnya

“Dinamika demokrasi itu ada, ada proses dan lain sebagainya karena bagaimanapun juga proses yang melelahkan seringkali juga ada kekeliruan, ada keteledoran dan kalau ada koreksi dan lain sebagainya lewat protes-protes itulah dinamika demokrasi, yang pasti segala sesuatu sudah terlaksana semua boleh berjalan lancar,” katanya.

Iapun menegaskan bahwa pelaksanaan Pemilu saat ini sudah berjalan dengan baik, jujur dan adil serta demokratis.

“Sistem Pemilu dari waktu ke waktu semakin baik, karena kekurangan dari waktu ke waktu semakin diperbaiki sehingga kecil kemungkinan untuk melakukan kecurangan. Kalau ada kekeliruan segera diperbaiki,” tandasnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR