Pendaftaran “Titus Loho Maengket Festival” Resmi Dibuka

Pendaftaran “Titus Loho Maengket Festival” Resmi Dibuka

96
0
Ketua Panitia Rheiner Saneba dan Sekretaris Panitia Fransiskus Mantiri Saat Memimpin Rapat Panitia Festival, (foto:Wily)

MANADO, Ketua umum panitia festival Titus Loho Maengket Festival Rheinner Saneba SS secara resmi mengumumkan pembukaan pendaftaran bagi setiap grup tari maengket yang berminat ikut bertarung dalam festival yang akan diselenggarakan pada 13 Juni 2020 mendatang di Emmanuel Amphitheater Lotta kecamatan Pineleng Minahasa.

Rheinner Saneba SS, Ketua Panitia Festival

Pengumuman pembukaan pendaftaran peserta festival disaksikan oleh seluruh panitia yang hadir dalam rapat yang diselenggarakan di balai pertemuan Aula Paroki Santo Antonius de Paroki Kali pada Jumat (14/02/2020).

Festival yang akan mempertandingkan sasta sang maestro maengket Titus Loho (alm) tersebut diperkirakan akan diikuti oleh 60 grup tari maengket yang ada di seantero Indonesia dan provinsi Sulawesi Utara.

Panitia Festival (foto:Wily)

Informasi yang rangkum media ini, berdasarkan klasifikasinya grup tari maengket yang diharapkan untuk ikut dalam Titus Loho Maengket Festival ini yaitu, kelompok tari maengket dewasa yang ada di Indonesia, kelompok Tari Maengket SMA/SMK sederajat yang ada di Wilayah Sulawesi Utara, serta kelompok tari maengket SD & SMP yang ada di Manado, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Kota Bitung, dan Kota Tomohon. Sedangkan beberapa tujuan pelaksanaan Titus Loho Maengket Festival ini, yakni untuk pelestarian Budaya Asli Minahasa, sebagai penghormatan kepada Bapak Titus Loho sebagai penemu dan pengembang Tarian Maengket, menjadikan Desa Kali sebagai tujuan Wisata Budaya di Sulawesi Utara (upaya menjadikan Desa Kali sebagai “Situs Budaya”), memeriahkan HUT Desa Kali Selatan yang ke-8 pada 8 Maret 2020, memaknai dan memeriahkan HUT Desa Kali yang ke- 562 (27 Agustus 2020), serta penggalangan dana untuk penyelesaian pembangunan Aula St. Antonius de Padua Kali.

Ketua panitia Rheinner Saneba kepada media ini usai rapat bersama panitia, mengajak kepada seluruh grup tari maengket yang masuk kalasifikasi untuk segera mendaftarkan grupnya kepada panitia festival.

“Pendaftara telah dibuka, maka dari itu kami panitia mengajak kepada semua grup tari yang ada, untuk segera mendaftar dan segera persipkan grupnya masing-masing, dan rebut hadiah-hadiah menarik yang telah kami siapkan. Mari kita sama-sama lestarikan tari asli Minahasa ini,”pungkas Rhesa sapaan akrabnya. (Wil Wongkar)

 

PANITIA “TITUS LOHO” MAENGKET FESTIVAL
Sekretariat : Desa Kali, Jaga II, Kec. Pineleng, Kab. Minahasa, Propinsi Sulut 95662, Contact Person: 081241183609 (FRANSISKUS M); 085240542408 (FRANSISKA M); 085256774475 (WILLY W), Email: panitiatituslohomaengketfestival@yahoo.com, blog: festivaltituslohoinfo.data.blog

TINGGALKAN KOMENTAR