“Titus Loho” Maengket Festival Menggema

“Titus Loho” Maengket Festival Menggema

117
0
Banner Titus Loho Maengket Festival

MANADO, Panitia Titus Loho Maengket Festival terus genjot progam kerjanya guna mensukseskan pelaksanaan festival yang akan digelar pada 13 Juni 2020 nanti. Berbagai persiapanpun terus dimatangkan.

Rheinner Saneba,Ketua Panitia Titus Loho Maengket Festival

Kabar yang dihimpun media ini, festival yang akabn menggunakan sastra Titus Loho ini pun telah mendapat izin dari yang mulia uskup keuskupan Manado Mgr Rolly Untu MSC, sesuai dengan surat yang dilayangkan oleh ketua panitia festival tertanggal 23 Januari 2020, bernomor 001/P-ADP/I/2020.

Sesuai dengan proposal, maksud dilaksanakannya Titus Loho Maengket Festival, yaitu untuk pengumpulan dana pembangunan lanjutan aula paroki Santo Antonius de Padua Kali. Keputusan tersebut sesuai dengan keputusan yang dihasilkan dalam rapat yang dilaksanakan pada Jumat 10 Januari 2020.

Adapun tujuan pelaksanaan festival, yaitu ; untuk pelestarian Budaya Asli Minahasa, menghormati Bapak Titus Loho sebagai penemu dan pengembang Tarian Maengket, mengambil makna Tarian Maengket untuk dipraktekkan dalam perjuangan hidup, menjadikan Desa Kali sebagai tujuan Wisata Budaya di Sulawesi Utara (upaya menjadikan Desa Kali sebagai “Situs Budaya”), memaknai dan memeriahkan HUT Desa Kali Selatan yang ke-8, 8 Maret 2020, memaknai dan memeriahkan HUT Desa Kali yang ke 562, 27 Agustus 2020, menggalang dana untuk upaya pelestarian budaya, salah satunya membangun tempat pertemuan untuk keperluan rapat, latihan, seminar; (Penyelesaian Aula St. Antonius de Padua Kali).

Adapun beberapa kelompok tari maengket yang menjadi sasaran panitia yang akan ikut dalam lomba festival ini yaitu, kelompok tari maengket dewasa yang ada di Indonesia, kelompok tari maengket SMA/SMK sederajat yang ada di Wilayah Sulawesi Utara, kelompok tari maengket SD dan SMP yang ada di wilayah Manado, Minahasa Induk, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Kota Bitung, serta Kota Tomohon.

Ketua panitia festival Rheinner Saneba yang dihubungi northsulawesipost.com kemarin Kamis (07/02/2020) mengatakan bahwa pendaftaran akan dibuka pada Jumat 14 Februari 2020 nanti.

“Pendaftaran rencananya akan dibuka pada saat Valentine Day 14 Februari 2020 minggu depan, sedangkan waktu tutup pendaftarannya, setelah kami telah memperoleh target peserta sekira 50 peserta,” ujar Rhesa sapaan akrabnya.

Festival ini skopnya memang besar, apalagi kata Rhesa, pendatarannya dibuka untuk seluruh kelompok tari maengket yang ada di seluruh Indonesia khusus untuk kategori dewasa, selain tingkat SMA/SMK sederajat se-Sulut, serta tingkat sekolah SD dan SMP yang ada di Minahasa, Manado, Minut, Minsel, Mitra, Tomohon dan Bitung.

Ketua panitia berharap, calon peserta segera menghubungi sekretariat panitia untuk mendapatkan informasi detail mengenai pelaksanaan ‘Titus Loho” Maengket Festival.

“Silahkan menghubungi panitia sekretariat untuk informasi selanjutnya,” tutup ketua panitia. (Wil Wongkar)

Alamat Sekretariat Panitia Festival

Desa Kali, Jaga II, Kec. Pineleng, Kab. Minahasa, Provinsi Sulut,  Contact Person: 081241183609 (FRANSISKUS M); 085240542408 (FRANSISKA M); 085256774475 (WILLY W)

Blog: festivaltituslohoinfo.data.blog

Email: panitiatituslohomaengketfestival@yahoo.com

TINGGALKAN KOMENTAR