VAP-JO Targetkan 2017 Raih Adipura

VAP-JO Targetkan 2017 Raih Adipura

796
0

Airmadidi, NorthsulawesiPost.com – Pada Tahun 2016 ini Minahasa Utara tercatat sudah tiga tahun gagal meraih Adipura. Diketahui Minut terakhir meraih piala Adipura di tahun 2013 silam. Meski begitu, Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dan Wakil Bupati Ir Joppie Lengkong bertekad meraih kembali piala Adipura tersebut di tahun 2017. Hal Ini disampaikan Wabup Joppie Lengkong siang kemarin (1/8) kepada sejumlah wartawan. “Masyarakat Minut jangan bersedih hati bahwa Tahun 2017 Minahasa Utara akan meraih Adipura, itu adalah harga mati,” ungkap Lengkong.

Dikatakannya, Minut atau Airmadidi tak mengikuti penilaian Adipura tahun ini karena Pemkab fokus dalam pembenahan sistem pengelolaan sampah.

“Kita bangun dulu sistemnya. Terlebih bagaimana membentuk tanggung jawab kebersihan dari bawah mulai dari desa dan kelurahan, Untuk itu, keberadaan Dana Desa (DD) akan menjadi salah satu senjata utama untuk mengejar Adipura 2017. Desa-desa bisa menggunakan DD untuk membeli motor roda tiga guna mengangkut sampah ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) milik desa. Tahun ini kita ketambahan dua unit armada sampah dan tahun-tahun berikutnya kita akan tambah lagi. Apalagi tahun ini juga Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Airmadidi akan menerapkan sistem Sanitary Landfill,” jelas Wabup.

Sementara itu Bupati Vonni Anneke Panambunan mengatakan, agar mayarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Bupati akan membuat Perda larangan buang sampah sembarangan.

“Saya akan membuat perda tentang larangan buang sampah. Hal ini dilakukan agar membuat efek jerah bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat bersama-sama agar lebih memahami dan menyadari akan pentingnya kebersihan,” pungkas bupati minut Vonnie A Panambunan.(fm)

TINGGALKAN KOMENTAR