Walikota Max Lomban Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana di Bogor

Walikota Max Lomban Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana di Bogor

7
0

BITUNG, Kondisi geografis wilayah Indonesia memiliki potensi ancaman bahaya yang dapat berujung pada bencana. Sebagian besar di antaranya (lebih dari 95 persen) merupakan bencana hidrometeorologis yang terkait dengan iklim dan dinamika perubahan, antara lain puting beliung, banjir, banjir bandang, longsor, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan serta cuaca ekstrim.

Untuk itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajak berbagai pihak yang tergabung dalam penta-helix, yaitu pemerintah, dunia usaha, akademisi/pakar, masyarakat dan media massa, untuk mendiskusikan tantangan penanggulangan bencana di Indonesia dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) tahun 2020 yang bertema, “Penanggulangan Bencana Urusan Bersama” Selasa (4/2) di Sentul Internasional Convention Centre Bogor.

Kegiatan yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo ini diikuti oleh seluruh Kepala Daerah se-Indonesia serta para pemangku kepentingan di daerah dan pusat.

Dalam arahannya Presiden mengingatkan bahwa pencegahan adalah hal pertama yang harus dilakukan bersama-sama oleh seluruh stakeholder baik di daerah dan pusat dengan terus bersinergi dan berkolaborasi serta mempersiapkan rencana-rencana yang bersifat kontijensi.

Sementara itu Walikota Max J Lomban mengatakan bahwa kegiatan yang diikutinya tersebut merupakan agenda tahunan yang selalu diselenggarakan BNPB untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, BPBD, serta para pemangku kepentingan terkait guna membahas tantangan dan mendapatkan rumusan kebijakan serta strategi penanggulangan bencana yang lebih baik di masa depan.

“Urusan penyelenggaran penanggulangan bencana tidak dapat dilakukan sendiri, tetapi oleh segenap komponen bangsa, baik pada pra, saat dan pascabencana, tapi dari semua itu kuncinya adalah kita jaga alam, alam jaga kita” tutup Lomban @ Sentul International Convention Centre (SICC) Bogor.

(redaksi)

TINGGALKAN KOMENTAR